Langsung ke konten utama

EAS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Aplikasi Pemesanan Gedung Acara

Pada Evaluasi Akhir Semester (EAS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi Pemesanan Gedung Acara. Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang aplikasi ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak.

Kebutuhan Fungsional

  1. Pengguna dapat melakukan registrasi akun.
  2. Pengguna dapat melakukan perubahan detail akun.
  3. Pengguna dapat melakukan pencarian gedung acara berdasarkan kata kunci tertentu.
  4. Pengguna dapat melihat detail gedung acara.
  5. Pengguna dapat memberikan review kepada gedung acara yang pernah dipesan.
  6. Pengguna dapat melakukan transaksi pemesanan gedung acara via e-wallet ataupun e-banking.
  7. Pengguna dapat melihat daftar riwayat transaksi pemesanan gedung.
  8. Pengguna dapat membatalkan transaksi pemesanan gedung.
  9. Pengguna dapat melihat status transaksi pemesanan gedung.
  10. Pengguna dapat melihat promo penyewaan gedung.
  11. Pengguna dapat menghubungi customer service yang menjadi penanggungjawab tiap venue-nya.

Kebutuhan Non-Fungsional

  1. Sistem dapat diakses dari semua tipe browser.
  2. Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  3. Sistem harus memiliki latensi yang rendah.
  4. Sistem dapat menjamin keamanan data akun pengguna.
  5. Sistem menawarkan banyak metode pembayaran.
  6. Apabila sistem error, maka harus dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 detik.

Requirement Modelling Language (RML)

RML umumnya ditujukan untuk memberi gambaran dari permasalahan proses bisnis, namun tidak berfokus pada spesifikasi design solusi dari permasalahan tersebut. Berikut kami paparkan mengenai Business Objectives Model (BOM) dan Feature Tree.

Business Objectives Model

Feature Tree


Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak

Setelah membuat RML, dibutuhkan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) untuk proses elisitasi kebutuhan. Pada EAS kali ini kami menggunakan Booking.id sebagai brand. Berikut untuk SKPL dapat dilihat di bawah.

Pemaparan

Untuk penjelasan secara detail dapat dilihat pada video berikut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN WEB (D) - Web Apps

SOAL Jelaskan istilah-istilah berikut kemudian berikan contohnya! HTML element HTML tag CSS selector AJAX Auto2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil, Auto2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual. Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroom -nya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan c ustomer care perusahaan. Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan. Buatlah desain front end penanganan pelayanan pelanggan dan implementasikan desainnya! Kem

TUGAS 6 PEMROGRAMAN WEB (D) - Form Login & Contact Us dengan Bootstrap

  Tugas kali ini membuat website form login dan contact us menggunakan salah satu framework CSS paling populer, yaitu Bootstrap . Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap) , dan JavaScript (internal). JavaScript di sini dipakai untuk menampilkan alert bahwa data telah di- submit atau dikirim. Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Login page , berisi halaman login sebagai tampilan awal ketika website pertama kali dijalankan.  Ada beberapa kolom yang semuanya wajib diisi dan tidak boleh kosong , yaitu: Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Password Contact us page , berisi halaman contact us guna mengirim pesan ke pemilik web. Ada beberapa kolom yang semuanya  wajib diisi  dan tidak boleh  kosong , yaitu: Name Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Phone Message Di tiap page , bagian bawah form,   terdapat tautan ( hyperlink ) yang mengarahkan page satu