Langsung ke konten utama

TUGAS 7 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) BAGIAN II - Image Viewer

 


Pada kesempatan kali ini, saya menduplikasi aplikasi Image Viewer yang merupakan implementasi GUI dengan komponen AWT dan Swing milik Bapak Fajar Baskoro dan disadur dari link berikut. Aplikasi ini berguna untuk menampilkan gambar/foto dan memiliki beberapa filter di dalamnya.

Terdapat 4 class yang digunakan pada aplikasi ini:
  1. ImageViewer, class utama untuk memanggil semua komponen fungsi lain dan tampilan GUI.
  2. ImagePanel, class yang berisi komponen Swing yang dapat menampilkan OFI Image. Class ini juga mengatur lebar dan tinggi panel aplikasi agar menyesuaikan gambar/foto.
  3. ImageFileManager, class untuk memuat dan menyimpan gambar/foto.
  4. OFImage, sebagai class yang berguna untuk mendefinisikan gambar/foto menjadi OF (Object Firsts). Kemudian beberapa fungsi untuk edit filter seperti darker, lighter, dan threshold ada di class ini.

Lalu, aplikasi ini juga menggunakan beberapa library/package:
  1. Java.awt.*, untuk proses inputan dalam sebuah program yang telah dijalankan.
  2. Java.awt.event.*, untuk proses deklarasi dari class event yang berisi komponen program yang digunakan untuk mengambil semua file dari package event pada java.awt.
  3. Java.awt.image.*, untuk membuat dan memodifikasi gambar.
  4. Java.awt.swing.*, untuk mendeklarasikan sebuah komponen grafis dengan perintah yang dijalankan oleh program.
  5. Java.io.File, untuk membuat, menghapus, dan mendapat informasi yang berhubungan dengan file atau folder seperti nama, ukuran, dsb. Namun bukan digunakan untuk manipulasi isinya.

Source Code

1. ImageViewer.java

2. ImagePanel.java

3. ImageFileManager.java

4. OFImage.java

Output

  1. Di bawah ini merupakan tampilan awal aplikasi.

  2. Tampilan aplikasi ketika memuat gambar.

  3. Tampilan aplikasi ketika memakai filter darker.

  4. Tampilan aplikasi ketika memakai filter lighter.

  5. Tampilan aplikasi ketika memakai filter threshold.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...