Langsung ke konten utama

TUGAS 7 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) BAGIAN I - Login Panel

 


Tugas kali ini sedikit memodifikasi aplikasi LoginPanel dengan implementasi GUI dengan komponen AWT dan Swing milik Bapak Fajar Baskoro dan disadur dari link berikut. Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana untuk melakukan proses login.

Username dan password telah di-set sebelumnya pada aplikasi, sehingga jika salah satu inputan entah username atau password salah, maka akan muncul "Login Denied!". Jika benar, akan memunculkan "Login Granted!".

Ada 1 class yang dipakai dalam aplikasi ini:
  1. Login, sebagai class untuk melakukan proses login serta pengecekan username dan password.

Lalu, aplikasi ini juga menggunakan beberapa library/package:
  1. Java.awt.*, untuk proses inputan dalam sebuah program yang telah dijalankan.
  2. Java.awt.event.*, untuk proses deklarasi dari class event yang berisi komponen program yang digunakan untuk mengambil semua file dari package event pada java.awt.
  3. Java.awt.swing.*, untuk mendeklarasikan sebuah komponen grafis dengan perintah yang dijalankan oleh program.

Source Code

1. Login.java

Output

  1. Di bawah ini merupakan tampilan awal aplikasi.

  2. Tampilan aplikasi ketika username atau password salah.

  3. Tampilan aplikasi ketika username dan password benar. Sebagai tambahan, jika menekan tombol "Cancel", maka text pada field username dan password akan terhapus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - GoToko

Pada Evaluasi Tengah Semester (ETS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi GoToko . Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang GoToko, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak. Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan dari penggunaan software yang harus dibangun oleh developer ke dalam produk agar pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka, sehingga memenuhi persyaratan bisnis. Kebutuhan fungsional menyatakan apa yang harus dilakukan oleh sistem. Kebutuhan fungsional juga sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem yang perangkat lunak tersebut gunakan. Kebutuhan Non-Fungsional Kebutuhan non fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem berkerja ke depannya.  Kebutuhan non-fungsional menjelaskan tentang constraint atau standar yang harus dipatuhi oleh sistem. Kebutuhan non-fungsional juga mendefinisikan karakteristik dari kuali...

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...