Langsung ke konten utama

TUGAS 4 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Analisis Kebutuhan Aplikasi Uber


Tugas kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi Uber. Uber adalah aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan langsung. Aplikasi ini mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia. Mobil dapat dipesan dengan mengirim pesan teks atau memakai aplikasi bergerak khusus (Android)—pilihan terakhir juga bisa digunakan untuk melacak lokasi mobil pesanan pengguna.

Business Requirement

  1. Menyediakan sistem layanan transportasi umum secara online yang nyaman dengan biaya layanan yang terjangkau.
  2. Menyediakan sistem aplikasi yang mempermudah pelayanan proses transaksi antara penumpang, pengemudi, dan penyedia layanan transportasi.
  3. Mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang memiliki kendaraan yang memenuhi persyaratan.

User Requirement

  • Pengemudi (Driver)
    1. Pengemudi dapat menerima pesanan dari pelanggan melalui aplikasi.
    2. Pengemudi dapat menghubungi pelanggan melalui aplikasi.
    3. Pengemudi dapat mengetahui lokasi penjemputan pelanggan melalui aplikasi.
    4. Pengemudi dapat mengetahui lokasi pengantaran tujuan pelanggan.
    5. Pengemudi dapat mengetahui rute perjalanan pelanggan melalui aplikasi.
    6. Pengemudi dapat melakukan pembatalan pesanan dari pelanggan melalui aplikasi.
    7. Pengemudi dapat menerima pembayaran setelah pesanan selesai.
    8. Pengemudi dapat menerima rating dari pelanggan melalui aplikasi.

  • Pelanggan/Pengguna (Customer)
    1. Pengguna dapat menentukan titik lokasi penjemputan sekaligus lokasi tujuan.
    2. Pengguna dapat mengetahui biaya dari transaksinya melalui aplikasi.
    3. Pengguna dapat mengetahui posisi pengemudi melalui maps pada aplikasi.
    4. Pengguna dapat menghubungi pengemudi melalui aplikasi.
    5. Pengguna dapat melakukan pembatalan pesanan.
    6. Pengguna dapat melihat identitas pengemudi.
    7. Pengguna dapat memberikan rating setelah transaksi selesai.
    8. Pengguna dapat memilih metode pembayaran dan melakukan pembayaran melalui aplikasi.

  • Pemilik Perusahaan
    1. Pemilik perusahaan dapat mencari keuntungan dengan transaksi dari pengemudi dan penumpang.
    2. Pemilik perusahaan dapat mempekerjakan pengemudi untuk membantu proses bisnis.
    3. Pemilik perusahaan dapat memperoleh rating aplikasi perusahaan.
    4. Pemilik perusahaan dapat melakukan kontrol kinerja pengemudi, salah satunya melalui rating.

Functional Requirement

  1. Sistem menyediakan menu registrasi bagi user.
  2. Sistem menyediakan menu login bagi user dan admin.
  3. Sistem menyediakan fitur bagi pelanggan untuk mengetahui lokasi pengemudi terdekat dan estimasi biayanya.
  4. Sistem menyediakan fitur bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan atau membatalkan pemesanan.
  5. Sistem menyediakan fitur bagi pelanggan untuk memilih metode pembayaran dan melakukan pembayaran untuk transaksi yang selesai dilakukan.
  6. Sistem menyediakan fitur bagi pelanggan untuk menghubungi pengemudi yang berkaitan dengan transaksi.
  7. Sistem menyediakan fitur bagi pengemudi untuk menerima atau membatalkan pesanan yang diterima dari pelanggan.
  8. Sistem mampu melakukan update lokasi terbaru bagi pelanggan maupun pengemudi.
  9. Sistem menyediakan fitur bagi pengemudi untuk menerima pembayaran setelah transaksi selesai.
  10. Sistem menyediakan fitur bagi admin untuk dapat mengelola data pengguna.

Non-functional Requirement

  1. Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  2. Sistem hanya bisa diakses menggunakan sistem operasi Android dengan versi minimal 4.0 (Ice Cream Sandwich).
  3. Sistem terlindungi dari virus dan malware.
  4. Sistem harus memiliki latensi yang rendah.
  5. Sistem menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  6. Sistem dibuat tanpa menyalahi ketentuan hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  7. Sistem dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan.
  8. Sistem harus berhasil dalam menyimpan semua transaksi, baik profil dan ulasan pengguna, lokasi pengguna maupun pemesanan jasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...