Langsung ke konten utama

TUGAS 8 PEMROGRAMAN WEB (D) - jQuery Sederhana


Tugas kali ini membuat website yang mengimplementasikan jQuery. jQuery adalah sebuah library JavaScript yang diperlukan sebagai solusi karena terdapat beberapa perbedaan implementasi JavaScript dari satu web browser dengan web browser lain. Di sini terdapat 2 aplikasi, yaitu tambah data ke dalam sebuah kolom select, dan satu lagi validasi form. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML, CSS (Bootstrap & Custom), dan JavaScript (internal). Laman website-nya dapat diakses pada link berikut. Untuk hosting web sendiri memakai Netlify.

Konten dari website:

  1. Main page, berisi halaman untuk redirect aplikasi implementasi jQuery mana yang akan dicoba/dipilih.
  2. Tambah page, berisi halaman aplikasi tambah data untuk suatu kolom select.
  3. Validasi page, berisi halaman aplikasi validasi form.

Tampilan Website

  1. Main page

  2. Tambah page (sebelum ditambah)

  3. Tambah page (setelah ditambah)
    • Setelah buku dientri, maka datanya akan masuk ke list kolom select "Daftar Buku".
    • Jika entri data yang dimasukkan kosong, maka tidak akan menambah data baru pada list kolom select "Daftar Buku".

  4. Validasi page (tampilan awal)

  5. Validasi page (jika kolom tidak diisi)

    • Tiap input memiliki rule sendiri-sendiri dengan nama ID input didefinisikan ke dalam jQuery Validate untuk validasinya. Rule-rule tersebut antara lain:
      • NRP: digits (true), minlength (14), maxlength (14)
      • Umur: digits (true), range(1 - 100)
      • Email: email (true)
      • Situs: url (true)
      • Password2: equalTo (password1)
    • Lalu, dari tiap rule tersebut juga dapat diganti messages default-nya sesuai keinginan.

Source Code

  • index.html (Main Page)
  • index.html (Tambah Page)
  • style.css (Tambah Page)
  • index.html (Validasi Page)
  • style.css (Validasi Page)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...

ETS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - GoToko

Pada Evaluasi Tengah Semester (ETS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi GoToko . Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang GoToko, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak. Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan dari penggunaan software yang harus dibangun oleh developer ke dalam produk agar pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka, sehingga memenuhi persyaratan bisnis. Kebutuhan fungsional menyatakan apa yang harus dilakukan oleh sistem. Kebutuhan fungsional juga sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem yang perangkat lunak tersebut gunakan. Kebutuhan Non-Fungsional Kebutuhan non fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem berkerja ke depannya.  Kebutuhan non-fungsional menjelaskan tentang constraint atau standar yang harus dipatuhi oleh sistem. Kebutuhan non-fungsional juga mendefinisikan karakteristik dari kuali...