Langsung ke konten utama

TUGAS 5 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Spesifikasi Kebutuhan Aplikasi Moka


Tugas kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi Moka (berdasarkan video berikut). Moka merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan metode Point of Sale yaitu metode menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras yang membentuk suatu sistem dengan tujuan untuk memudahkan transaksi dengan pelanggan. Moka menyediakan perangkat lengkap bagi para penjual agar bisa menjalankan seluruh bisnis. Layaknya standar aplikasi POS, pelaku UMKM dapat melakukan beragam hal seputar penjualan, mulai dari membuat kategori barang, stok, harga, keterangan tambahan, dan membuat laporan bisnis dengan cepat dan secara real-time di mana pun dan kapan pun.

Kebutuhan Fungsional

  • (SKPL-UC01) Sistem menyediakan fitur login (01:13)
  • (SKPL-UC02) Sistem menyediakan fitur register (01:13)
  • (SKPL-UC03) Sistem menyediakan sejumlah opsi jenis usaha (01:35)
  • (SKPL-UC04) Sistem menyediakan fitur untuk mengelola menu (01:50)
  • (SKPL-UC05) Sistem menyediakan fitur untuk melakukan pengelolaan shift karyawan (02:25)
  • (SKPL-UC06) Sistem menyediakan fitur laporan keuangan dan penyimpanan (02:43)
  • (SKPL-UC07) Sistem menyediakan fitur untuk mengelola promo/diskon (03:14)
  • (SKPL-UC08) Sistem menyediakan fitur open bill (03:25; 05:45)
  • (SKPL-UC09) Sistem menyediakan fitur untuk mengelola pelanggan (03:32)
  • (SKPL-UC10) Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk mengaktivasi e-wallet (04:44)
  • (SKPL-UC11) Sistem memungkinkan untuk membayar dengan berbagai macam metode pembayaran seperti debit, kredit, e-wallet (04:44)
  • (SKPL-UC12) Sistem mampu untuk melakukan cetak bill/struk (05:00)
  • (SKPL-UC13) Sistem mampu menampilkan bill yang masih belum selesai (05:57)
  • (SKPL-UC14) Sistem menyediakan fitur untuk melakukan cancel pesanan dengan menggunakan pin (06:20)
  • (SKPL-UC15) Sistem menyediakan fitur untuk melihat riwayat transaksi (07:06)
  • (SKPL-UC16) Sistem menyediakan fitur split bill (07:49)

Kebutuhan Non-Fungsional


  • (SKPL-NF01) Pengguna hanya dapat mengakses sebagian dari sistem.
  • (SKPL-NF02) Admin hanya dapat mengakses sebagian dari sistem.
  • (SKPL-NF03) Sistem memiliki tampilan yang mudah dipahami.
  • (SKPL-NF04) Sistem dapat diakses melalui perangkat komputer atau smartphone.
  • (SKPL-NF05) Sistem dapat menjamin keamanan data akun pembeli.
  • (SKPL-NF06) Sistem dapat diakses dari semua tipe browser.
  • (SKPL-NF07) Apabila sistem error, maka harus dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 detik.
  • (SKPL-NF08) Sistem dapat menampung jumlah data yang banyak dengan pengguna yang bertambah.

Dari video yang ditampilkan, maka didapatkan sejumlah spesifikasi:
  1. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk melakukan register ke dalam sistem (00:56)

  2. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk melakukan login ke dalam sistem (01:07)
  3. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk manajemen login sebagai kasir ke dalam sistem (01:07)
  4. Sistem harus memfasilitasi pengguna untuk membuat password baru jika lupa akses password lama (01:07)

  5. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk memilih outlet untuk menyesuaikan bisnis yang dimiliki (01:33)

  6. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk tampilan menu makanan/minuman favorit yang dijual di dalam sistem (01:49)

  7. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk tampilan keseluruhan menu makanan/minuman yang dijual di dalam sistem (02:03)

  8. Apabila menu belum tercatat di dalam sistem, sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menambahkan data menu secara custom (02:11)

  9. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk membuat shift sebagai data harian penjualan dengan awalan jumlah kas dalam kasir (02:29)

  10. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk mengetahui statistik terkini penjualan (02:43)

  11. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menambah jumlah pesanan (03:11)
  12. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk memberikan diskon pesanan (03:11)
  13. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk memilih tipe pesanan, apakah dine in atau take away (03:11)

  14. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan pembayaran setelah menambahkan menu ke dalam pesanan (03:22)

  15. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menyimpan data konsumen yang melakukan pemesanan menu (03:27)

  16. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menerima pembayaran dengan sistem tunai, e-wallet, maupun kartu debit/kredit (03:39)

  17. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan cetak data bukti pembayaran (05:00)
  18. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan pengiriman bukti pembayaran menuju email/nomor telepon pengguna (05:00)

  19. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menyimpan tagihan sementara agar dapat dibayar saat akhir (05:42)

  20. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk membuka tagihan untuk pembeli baru (06:12)

  21. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan otorisasi kasir apabila ingin melakukan perubahan/penghapusan item menu (06:34)

  22. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menghapus item menu apabila pembeli batal memesan (06:39)

  23. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melihat catatan aktivitas penjualan harian (07:07)

  24. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan pemisahan pembayaran apabila pembeli meminta memisahkan tagihan (07:48)

  25. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan penghentian shift dengan memasukkan uang kasir terakhir untuk mendapatkan laporan keuangan harian (09:23)

  26. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk mencetak laporan keseluruhan shift harian (09:26)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...