Langsung ke konten utama

TUGAS 5 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Spesifikasi Kebutuhan Aplikasi Moka


Tugas kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi Moka (berdasarkan video berikut). Moka merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan metode Point of Sale yaitu metode menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras yang membentuk suatu sistem dengan tujuan untuk memudahkan transaksi dengan pelanggan. Moka menyediakan perangkat lengkap bagi para penjual agar bisa menjalankan seluruh bisnis. Layaknya standar aplikasi POS, pelaku UMKM dapat melakukan beragam hal seputar penjualan, mulai dari membuat kategori barang, stok, harga, keterangan tambahan, dan membuat laporan bisnis dengan cepat dan secara real-time di mana pun dan kapan pun.

Kebutuhan Fungsional

  • (SKPL-UC01) Sistem menyediakan fitur login (01:13)
  • (SKPL-UC02) Sistem menyediakan fitur register (01:13)
  • (SKPL-UC03) Sistem menyediakan sejumlah opsi jenis usaha (01:35)
  • (SKPL-UC04) Sistem menyediakan fitur untuk mengelola menu (01:50)
  • (SKPL-UC05) Sistem menyediakan fitur untuk melakukan pengelolaan shift karyawan (02:25)
  • (SKPL-UC06) Sistem menyediakan fitur laporan keuangan dan penyimpanan (02:43)
  • (SKPL-UC07) Sistem menyediakan fitur untuk mengelola promo/diskon (03:14)
  • (SKPL-UC08) Sistem menyediakan fitur open bill (03:25; 05:45)
  • (SKPL-UC09) Sistem menyediakan fitur untuk mengelola pelanggan (03:32)
  • (SKPL-UC10) Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk mengaktivasi e-wallet (04:44)
  • (SKPL-UC11) Sistem memungkinkan untuk membayar dengan berbagai macam metode pembayaran seperti debit, kredit, e-wallet (04:44)
  • (SKPL-UC12) Sistem mampu untuk melakukan cetak bill/struk (05:00)
  • (SKPL-UC13) Sistem mampu menampilkan bill yang masih belum selesai (05:57)
  • (SKPL-UC14) Sistem menyediakan fitur untuk melakukan cancel pesanan dengan menggunakan pin (06:20)
  • (SKPL-UC15) Sistem menyediakan fitur untuk melihat riwayat transaksi (07:06)
  • (SKPL-UC16) Sistem menyediakan fitur split bill (07:49)

Kebutuhan Non-Fungsional


  • (SKPL-NF01) Pengguna hanya dapat mengakses sebagian dari sistem.
  • (SKPL-NF02) Admin hanya dapat mengakses sebagian dari sistem.
  • (SKPL-NF03) Sistem memiliki tampilan yang mudah dipahami.
  • (SKPL-NF04) Sistem dapat diakses melalui perangkat komputer atau smartphone.
  • (SKPL-NF05) Sistem dapat menjamin keamanan data akun pembeli.
  • (SKPL-NF06) Sistem dapat diakses dari semua tipe browser.
  • (SKPL-NF07) Apabila sistem error, maka harus dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 detik.
  • (SKPL-NF08) Sistem dapat menampung jumlah data yang banyak dengan pengguna yang bertambah.

Dari video yang ditampilkan, maka didapatkan sejumlah spesifikasi:
  1. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk melakukan register ke dalam sistem (00:56)

  2. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk melakukan login ke dalam sistem (01:07)
  3. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk manajemen login sebagai kasir ke dalam sistem (01:07)
  4. Sistem harus memfasilitasi pengguna untuk membuat password baru jika lupa akses password lama (01:07)

  5. Sistem harus memfasilitasi penjual untuk memilih outlet untuk menyesuaikan bisnis yang dimiliki (01:33)

  6. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk tampilan menu makanan/minuman favorit yang dijual di dalam sistem (01:49)

  7. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk tampilan keseluruhan menu makanan/minuman yang dijual di dalam sistem (02:03)

  8. Apabila menu belum tercatat di dalam sistem, sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menambahkan data menu secara custom (02:11)

  9. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk membuat shift sebagai data harian penjualan dengan awalan jumlah kas dalam kasir (02:29)

  10. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk mengetahui statistik terkini penjualan (02:43)

  11. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menambah jumlah pesanan (03:11)
  12. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk memberikan diskon pesanan (03:11)
  13. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk memilih tipe pesanan, apakah dine in atau take away (03:11)

  14. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan pembayaran setelah menambahkan menu ke dalam pesanan (03:22)

  15. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menyimpan data konsumen yang melakukan pemesanan menu (03:27)

  16. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menerima pembayaran dengan sistem tunai, e-wallet, maupun kartu debit/kredit (03:39)

  17. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan cetak data bukti pembayaran (05:00)
  18. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan pengiriman bukti pembayaran menuju email/nomor telepon pengguna (05:00)

  19. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menyimpan tagihan sementara agar dapat dibayar saat akhir (05:42)

  20. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk membuka tagihan untuk pembeli baru (06:12)

  21. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan otorisasi kasir apabila ingin melakukan perubahan/penghapusan item menu (06:34)

  22. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk menghapus item menu apabila pembeli batal memesan (06:39)

  23. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melihat catatan aktivitas penjualan harian (07:07)

  24. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan pemisahan pembayaran apabila pembeli meminta memisahkan tagihan (07:48)

  25. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk melakukan penghentian shift dengan memasukkan uang kasir terakhir untuk mendapatkan laporan keuangan harian (09:23)

  26. Sistem dapat memfasilitasi penjual untuk mencetak laporan keseluruhan shift harian (09:26)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN WEB (D) - Web Apps

SOAL Jelaskan istilah-istilah berikut kemudian berikan contohnya! HTML element HTML tag CSS selector AJAX Auto2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil, Auto2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual. Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroom -nya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan c ustomer care perusahaan. Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan. Buatlah desain front end penanganan pelayanan pelanggan dan implementasikan desainnya! Kem

TUGAS 6 PEMROGRAMAN WEB (D) - Form Login & Contact Us dengan Bootstrap

  Tugas kali ini membuat website form login dan contact us menggunakan salah satu framework CSS paling populer, yaitu Bootstrap . Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap) , dan JavaScript (internal). JavaScript di sini dipakai untuk menampilkan alert bahwa data telah di- submit atau dikirim. Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Login page , berisi halaman login sebagai tampilan awal ketika website pertama kali dijalankan.  Ada beberapa kolom yang semuanya wajib diisi dan tidak boleh kosong , yaitu: Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Password Contact us page , berisi halaman contact us guna mengirim pesan ke pemilik web. Ada beberapa kolom yang semuanya  wajib diisi  dan tidak boleh  kosong , yaitu: Name Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Phone Message Di tiap page , bagian bawah form,   terdapat tautan ( hyperlink ) yang mengarahkan page satu