Langsung ke konten utama

TUGAS 2 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Analisis Aplikasi Life Assistant

 

Tugas kali ini menganalisis rekayasa kebutuhan berupa input dan output dari salah satu Spesifisikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SPKL) dari aplikasi Life Assistant. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini:


Input

Existing System Information

Aplikasi Life Assistant adalah aplikasi yang bertujuan untuk membantu seseorang dalam mengelola kehidupan pribadi ataupun manajemen suatu usaha, baik dari segi waktu, keuangan, peluang, bahkan dari aspek religi. Fitur utama yang ditawarkan oleh Life Assistant ini adalah manajemen jadwal pribadi, manajemen penghasilan, dan estimasi biaya. Inovasi yang tercipta dari produk ini adalah adanya asisten berupa apalikasi yang akan membantu untuk mengatur kehidupan kita dari segi waktu, keuangan dan pertimbangan untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan biaya dan waktu. Produk ini tidak akan mudah ditiru oleh pihak lain dari aspek kompleksitas fiturnya yang saling berkaitan dan berhubungan langsung dengan pengguna. Artinya semakin banyak fitur didalamnya yang akan membantu atau mempermudah pengguna, maka pengguna akan semakin merasa bahwa dirinya telah terbantu layaknya mempunyai asisten. Tentu saja aplikasi ini sangat layak dipatenkan, mengingat di zaman sekarang jika seseorang ingin memiliki penghasilan yang besar, maka dia harus pintar mengatur waktu dan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam bekerja. Akan tetapi kemampuan manusia untuk melakukan kedua hal tersebut sangatlah terbatas. Kadang manusia lupa, lelah dan sulit untuk konsisten dalam melakukan sesuatu. Maka dari itu, Life Assistant ini hadir untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Stakeholder Needs

Stakeholder dari aplikasi Life Assistant mencakup siapa saja pengguna smartphone berbasis Android yang membutuhkan asisten yang dapat membantu mereka mulai dari pegawai yang ingin mengatur pengeluaran pribadi, mahasiswa yang ingin hidup hemat, maupun masyarakat yang ingin melakukan manajerial diri, sehingga kebutuhan dari stakeholder terhadap aplikasi ini, yaitu:
  1. Menampilkan pilihan menu jadwal kegiatan yang di dalamnya terdapat jenis jadwal, kalender, kegiatan, dan pengaturan notifikasi.
  2. Menampilkan pilihan menu keuangan yang di dalamnya terdapat penghasilan, pengeluaran, dan status keuangan saat ini.
  3. Menampilkan pilihan menu estimasi biaya yang di dalamnya terdapat nominal tujuan, alokasi biaya, jenis cicilan, hitung estimasi, dan hasil estimasi.

Organizational Standards

Berikut adalah standar yang ditetapkan untuk menilai atribut kualitas pada aplikasi ini adalah:
  1. Reliability
    • Sistem dapat diakses selama 24 jam dan tanpa gangguan/hambatan.

  2. Availability
    • Aplikasi terus menerus diperbarui (up to date) agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

  3. Security
    • Keamanan pada jaringan yang terjamin.

  4. Ergonomy
    • Aplikasi dibuat dengan tampilan yang menarik dan minimalis.

  5. Portability
    • Aplikasi berjalan pada smartphone berbasis OS Android.

Regulations

Berikut adalah regulasi mengenai batasan yang ditetapkan pada pengembangan aplikasi ini:
  1. Pengembangan aplikasi smartphone berbasis Android.
  2. Menggunakan software pendukung, yaitu Eclipse dalam pembuatan aplikasi, sedangkan pengolahan database dengan menggunakan mySQL.
  3. Aplikasi hanya menangani user.

Domain Information

Aplikasi Life Assistant berbasis Android sehingga dapat berjalan secara lokal di perangkat smartphone. Aplikasi ini dapat diunduh melalui marketplace seperti Google Play Store. Aplikasi ini juga dapat diakses dengan server yang sudah dibeli terlebih dahulu dan perlu melakukan penyambungan API ke server sehingga aplikasi dapat berjalan lancar.

Output

Agreed Requirements

Kebutuhan fungsional:
  • Aplikasi dapat menampilkan jadwal kegiatan, jenis jadwal, kalender, dan notifikasi.
  • Aplikasi dapat menampilkan penghasilan, pengeluaran, informasi keuangan saat ini, dan biaya perkiraan.
  • Aplikasi dapat menampilkan jenis cicilan.
Kebutuhan non-fungsional:
  • Availability: 24 jam
  • Reliability: up to date
  • Ergonomy: minimalis dan menarik
  • Memory: ukuran sedang
  • Portability: aplikasi smartphone berbasis Android
  • Security: jaringan
  • Komunikasi: bahasa Indonesia

System Specification

  • RAM: minimal 1GB
  • Sistem Operasi: Android
  • Resolusi: minimal 3,5 inchi
  • Jenis Gadget: dapat mengoperasikan aplikasi berbasis Java

System Models

Berikut adalah model dalam bentuk diagram untuk aplikasi Life Assistant.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...