Langsung ke konten utama

TUGAS 1 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Aplikasi Peduli Lindungi

 

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Peduli Lindungi juga menyediakan fitur layanan konsultasi dokter dari jarak jauh, atau dikenal sebagai teledokter. Fitur ini bekerja sama dengan beberapa pihak layanan kesehatan, seperti Halodoc, Telkomedika, Good Doctor, dan Prosehat. Fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat yang mengalami gejala atau sedang isolasi mandiri.

Identifikasi User dan Stakeholder

User

User dari aplikasi ini adalah masyarakat umum dalam hal ini warga Indonesia. PeduliLindungi dapat membantu user mengetahui zona rawan penyebaran COVID-19, mendaftarkan diri untuk vaksin, mencari fasilitas kesehatan, konsultasi dokter, dan lain-lain.

Stakeholder

  1. Pemerintah Indonesia
    • Pemerintah Indonesia jelas berperan sebagai penyedia fasilitas dan sumber daya untuk pembuatan aplikasi serta memastikan kelancaran aplikasi PeduliLindungi di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
  2. Tim developer
    • Tim pengembang berperan sebagai orang-orang yang melakukan pembuatan dan pengembangan aplikasi mulai dari tahap awal, tahap pembaruan hingga nantinya sewaktu perawatan.
  3. Penyedia fasilitas kesehatan
    • Penyedia fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas berperan pula membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik melalui data dan informasi yang disediakan oleh aplikasi PeduliLindungi.

Kebutuhan User dan Stakeholder

User

User memerlukan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pendaftaran vaksinasi, cetak sertifikat vaksin, EHAC, serta konsultasi kepada tenaga medis.

Stakeholder

  1. Pemerintah Indonesia
    • Pemerintah Indonesia memerlukan aplikasi yang dapat mendata persebaran COVID-19 sehingga data ini dapat menjadi acuan dalam tindakan penanganannya. Pemerintah juga ingin memastikan proses vaksinasi berjalan lancar dan efisien.
  2. Tim developer
    • Tim developer memerlukan sumber daya dan dukungan yang maksimal khususnya dari pemerintah agar aplikasi PeduliLindungi dalam pembuatannya tidak ditemukan cacat atau galat yang berarti. 
  3. Penyedia fasilitas kesehatan
    • Penyedia fasilitas kesehatan memerlukan aplikasi yang dapat memonitor jumlah pasien terkonfirmasi maupun suspek COVID-19 sehingga bisa memperkirakan ketersediaan fasilitas kesehatan dan dapat menginformasikan lewat aplikasi jika ketersediaan kamar nihil.

Aspek Penting Tambahan

  • Koneksi internet yang stabil
  • Server yang besar dan memadai
  • Keamanan data yang terjamin
  • Kamera perangkat yang memadai
  • Database yang besar untuk menampung data user

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN WEB (D) - Web Apps

SOAL Jelaskan istilah-istilah berikut kemudian berikan contohnya! HTML element HTML tag CSS selector AJAX Auto2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil, Auto2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual. Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroom -nya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan c ustomer care perusahaan. Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan. Buatlah desain front end penanganan pelayanan pelanggan dan implementasikan desainnya! Kem

TUGAS 6 PEMROGRAMAN WEB (D) - Form Login & Contact Us dengan Bootstrap

  Tugas kali ini membuat website form login dan contact us menggunakan salah satu framework CSS paling populer, yaitu Bootstrap . Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap) , dan JavaScript (internal). JavaScript di sini dipakai untuk menampilkan alert bahwa data telah di- submit atau dikirim. Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Login page , berisi halaman login sebagai tampilan awal ketika website pertama kali dijalankan.  Ada beberapa kolom yang semuanya wajib diisi dan tidak boleh kosong , yaitu: Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Password Contact us page , berisi halaman contact us guna mengirim pesan ke pemilik web. Ada beberapa kolom yang semuanya  wajib diisi  dan tidak boleh  kosong , yaitu: Name Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Phone Message Di tiap page , bagian bawah form,   terdapat tautan ( hyperlink ) yang mengarahkan page satu