Langsung ke konten utama

TUGAS 11 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Text Editor Sederhana



Text editor (penyunting teks) adalah suatu jenis software komputer yang digunakan untuk menyunting teks biasa. Text editor ini dibedakan dengan pengolahan kata (word processing) karena jenis software ini tidak mengatur format dokumen atau fitur-fitur lain yang biasa digunakan dalam desktop publishing. Text editor disediakan oleh sistem operasi atau paket pengembangan software, dan dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi file serta source code bahasa pemrograman.

Beberapa text editor berukuran kecil dan sederhana, sedangkan lainnya menawarkan fungsi-fungsi yang luas dan rumit. Misalnya, sistem operasi Unix dan yang menyerupainya, memiliki Vi. Microsoft Windows memiliki Notepad yang sederhana. Mac OS memiliki editor bawaan SimpleText.

Kali ini, saya akan mencoba mengimplementasikan text editor sederhana yang bersumber dari link berikut dengan sedikit modifikasi. Class yang digunakan hanya 1 yaitu:
  1. TextEditor, class yang digunakan untuk membuat text editor dengan segala perintahnya.

Untuk membuat text editor sederhana, kita akan menggunakan JTextArea, JMenuBar, JMenu yang akan ada di JMenuBar, dan JMenuItems yang akan dimasukkan di JMenu. Tiap menu punya actionListener untuk menangkap perintah.

Ada beberapa menu bar yang berisi menu-menu:
  1. Menu File
    • Open: untuk membuka file.
    • Save: untuk menyimpan file.
    • Print: untuk mencetak file.
    • New: untuk membuka file baru.
  2. Menu Edit
    • Cut: untuk memotong teks.
    • Copy: untuk menyalin teks.
    • Paste: untuk menempelkan teks.
  3. Menu Close: untuk menutup aplikasi.

Kita juga akan menggunakan file reader dan file writer untuk melakukan proses pembacaan dan penulisan.

Source Code

1. TextEditor.java

Output

  1. Tampilan awal ketika aplikasi dijalankan.

  2. Kita bebas menuliskan apapun di text editor ini.

  3. Kita akan coba simpan teks di atas dalam dokumen berformat .txt.

  4. Lalu, kita coba membuka file yang sudah disimpan.

  5. Maka, file akan terbuka seperti tadi.

  6. Semisal kita ingin mencetak teks di atas, bisa menggunakan menu Print.

  7. Sebagai catatan, jika kita menekan Cancel pada menu Open, Save ataupun Print, maka akan muncul dialog box seperti ini.

  8. Ada beberapa menu lain yang bisa dipakai di bagian Edit seperti Cut, Copy, dan Paste. Kita juga bisa menggunakan shortcut yang umum digunakan untuk melakukan perintah Copy misalnya dengan CTRL + C atau Paste dengan CTRL + V.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - GoToko

Pada Evaluasi Tengah Semester (ETS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi GoToko . Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang GoToko, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak. Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan dari penggunaan software yang harus dibangun oleh developer ke dalam produk agar pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka, sehingga memenuhi persyaratan bisnis. Kebutuhan fungsional menyatakan apa yang harus dilakukan oleh sistem. Kebutuhan fungsional juga sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem yang perangkat lunak tersebut gunakan. Kebutuhan Non-Fungsional Kebutuhan non fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem berkerja ke depannya.  Kebutuhan non-fungsional menjelaskan tentang constraint atau standar yang harus dipatuhi oleh sistem. Kebutuhan non-fungsional juga mendefinisikan karakteristik dari kuali...

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...