Langsung ke konten utama

Evaluasi Akhir Semester Pemrograman Berorientasi Objek (EAS PBO B) 2021 - MP3 Player

 


Musik telah berkembang menjadi kebutuhan kita semua seiring perkembangan zaman. Mendengar hingga menyanyikan musik sudah menjadi kebiasaan yang hampir dilakukan setiap hari. Pastinya jika kita ingin mendengarkan musik, butuh aplikasi pemutar musik.

Nah pada kesempatan kali ini, saya bersama teman saya Faji akan mencoba sedikit memodifikasi source code yang berasal dari link berikut beserta video penjelasannya dari Youtube.


Adapun class-class yang digunakan:

  1. FileTypeFilter, untuk menyortir atau filter ekstensi file tertentu, dalam hal ini .mp3.
  2. PlayerFrame, sebagai class utama pemutar musik dijalankan, mengatur beberapa fungsi seperti play, pause, stop, dan lain-lain.
Dalam pengimplementasiannya, kami menggunakan Netbeans sebagai IDE karena terdapat fitur desain untuk Java Swing sehingga tidak harus repot-repot membuat source code-nya. Lalu, juga menggunakan JacoMP3Player sebagai library (bisa diunduh di sini), untuk mempermudah dalam pengaplikasiannya sehingga hanya tinggal memanggil fungsi-fungsi yang tersedia di dalamnya.


Beberapa fungsi yang terdapat dalam aplikasi:

  • Play, untuk memutar lagu.
  • Pause, untuk memberhentikan lagu sementara.
  • Stop, untuk memberhentikan lagu.
  • Next, untuk memutar lagu selanjutnya dalam playlist
  • Previous, untuk memutar lagu sebelumnya dalam playlist.
  • Volume up, untuk menambah volume lagu.
  • Volume down, untuk mengurangi volume lagu.
  • Full volume, untuk menghidupkan volume lagu.
  • Mute, untuk membisukan volume lagu.
  • Repeat, untuk mengulang pemutaran lagu tertentu.
  • Exit / quit, untuk keluar dari aplikasi.

Source Code

1. FileTypeFilter.java

2. PlayerFrame.java

Selengkapnya bisa diunduh di sini.

Video Demo Aplikasi beserta Penjelasan

Demo Aplikasi MP3 Player


Penjelasan Aplikasi MP3 Player


Jika anda ingin memiliki aplikasinya, bisa unduh di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...