Langsung ke konten utama

TUGAS 9 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Game Pong


Pong adalah gim video dua dimensi yang menyimulasikan sebuah permainan tenis meja. Sang pemain menggerakkan sebuah bat yang bergerak naik-turun. Gim ini dapat dimainkan dengan komputer (bot) atau dua orang yang menggerakkan bat di sebelah kiri. Pemain memukul bola bolak-balik. Untuk memenangkan gim, sang pemain harus memukul bola tersebut sampai lawan tidak bisa memukul bola tersebut.

Pong merupakan generasi pertama gim video yang dirilis sebagai permainan arkade yang dioperasikan dengan koin yang dikembangkan oleh Atari Inc. pada 29 November 1972. Kata "Pong" telah didaftarkan sebagai merek dari Atari Interactive. Pong dengan cepat menjadi gim komersial pertama yang sangat sukses, dan merupakan awal dari industri gim video.

Setelah beberapa penjelasan di atas, saya mencoba mengimplementasikan gim Pong dari link berikut. Class yang digunakan antara lain:
  1. Pong, class utama untuk memuat semua class yang ada.
  2. Paddle, class yang mengatur bat Pong.
  3. Renderer, class yang menjadi dasar panel.
  4. Ball, class yang mengatur bola Pong.

Source Code

1. Pong.java

2. Paddle.java

3. Renderer.java

4. Ball.java

Output



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - GoToko

Pada Evaluasi Tengah Semester (ETS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi GoToko . Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang GoToko, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak. Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan dari penggunaan software yang harus dibangun oleh developer ke dalam produk agar pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka, sehingga memenuhi persyaratan bisnis. Kebutuhan fungsional menyatakan apa yang harus dilakukan oleh sistem. Kebutuhan fungsional juga sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem yang perangkat lunak tersebut gunakan. Kebutuhan Non-Fungsional Kebutuhan non fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem berkerja ke depannya.  Kebutuhan non-fungsional menjelaskan tentang constraint atau standar yang harus dipatuhi oleh sistem. Kebutuhan non-fungsional juga mendefinisikan karakteristik dari kuali...

TUGAS 8 PEMROGRAMAN WEB (D) - jQuery Sederhana

Tugas kali ini membuat website yang mengimplementasikan jQuery . jQuery adalah sebuah library JavaScript yang diperlukan sebagai solusi karena terdapat beberapa perbedaan implementasi JavaScript dari satu web browser dengan web browser lain. Di sini terdapat 2 aplikasi, yaitu tambah data ke dalam sebuah kolom select , dan satu lagi validasi form. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap & Custom) , dan JavaScript (internal) . Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Main page , berisi halaman untuk redirect aplikasi implementasi jQuery mana yang akan dicoba/dipilih. Tambah page , berisi halaman aplikasi tambah data untuk suatu kolom select . Validasi page , berisi halaman aplikasi validasi form. Tampilan Website Main page Tambah page (sebelum ditambah) Tambah page (setelah ditambah) Setelah buku dientri, maka datanya akan masuk ke list kolom select "Daftar Buku". Jika e...

TUGAS 7 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) BAGIAN II - Image Viewer

  Pada kesempatan kali ini, saya menduplikasi aplikasi Image Viewer yang merupakan implementasi GUI dengan komponen AWT dan Swing milik Bapak Fajar Baskoro dan disadur dari link berikut . Aplikasi ini berguna untuk menampilkan gambar/foto dan memiliki beberapa filter di dalamnya. Terdapat 4 class yang digunakan pada aplikasi ini: ImageViewer , class utama untuk memanggil semua komponen fungsi lain dan tampilan GUI. ImagePanel , class yang berisi komponen Swing yang dapat menampilkan OFI Image. Class ini juga mengatur lebar dan tinggi panel aplikasi agar menyesuaikan gambar/foto. ImageFileManager , class untuk memuat dan menyimpan gambar/foto. OFImage , sebagai class yang berguna untuk mendefinisikan gambar/foto menjadi OF ( Object Firsts ). Kemudian beberapa fungsi untuk edit filter seperti darker, lighter, dan threshold ada di class ini. Lalu, aplikasi ini juga menggunakan beberapa library/package: Java.awt.* , untuk proses inputan dalam sebuah program yang telah dijalankan. Java....