Langsung ke konten utama

TUGAS 8 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) BAGIAN II - JavaFX

JavaFX adalah sebuah platform software untuk membangun sebuah aplikasi rich internet application (RIA) yang bisa berjalan pada berbagai macam perangkat seperti komputer desktop, web browser di Linux, Windows, macOS, dan lain-lain.

JavaFX dirancang untuk menyediakan sebuah platform baru yang ringan dengan performa tinggi kepada para developer Java. Tujuannya adalah ingin menggantikan Swing dalam membangun aplikasi GUI. Namun bukan berarti Swing tidak akan digunakan lagi karena sebagian aplikasi telah dibangun menggunakan Swing, yang berarti telah menjadi bagian API untuk kurun waktu yang lama.

JavaFX menyediakan pengaturan grafis dan media API serta memanfaatkan Graphical Processing Unit (GPU) modern melalui akselerasi hardware grafis. JavaFX juga menyediakan interface yang dapat digunakan developer untuk menggambungkan animasi grafis dan UI Controls.


Lalu, saya mencoba mengimplementasikan JavaFX ke dalam sebuah program sederhana, yaitu Random Waifu yang memodifikasi sedikit dari program Fortune Teller. Jadi, ketika user meng-klik button, maka akan muncul sebuah string yang bersifat random. Adapun class yang digunakan:

  1. RandomWaifu, sebagai class berisi fungsi implementasi JavaFX berupa tampilan aplikasi, string random yang akan muncul sebagai output, dan buttonClick untuk ActionEvent.

Source Code

1. RandomWaifu.java

Output

  1. Tampilan awal ketika aplikasi dijalankan.

  2. Setelah diklik sekali, maka akan mengeluarkan output random seperti ini.

  3. Jika diklik lagi, maka akan muncul output yang lain, bisa berbeda ataupun sama lagi seperti output awal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...