Langsung ke konten utama

TUGAS 8 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) BAGIAN II - JavaFX

JavaFX adalah sebuah platform software untuk membangun sebuah aplikasi rich internet application (RIA) yang bisa berjalan pada berbagai macam perangkat seperti komputer desktop, web browser di Linux, Windows, macOS, dan lain-lain.

JavaFX dirancang untuk menyediakan sebuah platform baru yang ringan dengan performa tinggi kepada para developer Java. Tujuannya adalah ingin menggantikan Swing dalam membangun aplikasi GUI. Namun bukan berarti Swing tidak akan digunakan lagi karena sebagian aplikasi telah dibangun menggunakan Swing, yang berarti telah menjadi bagian API untuk kurun waktu yang lama.

JavaFX menyediakan pengaturan grafis dan media API serta memanfaatkan Graphical Processing Unit (GPU) modern melalui akselerasi hardware grafis. JavaFX juga menyediakan interface yang dapat digunakan developer untuk menggambungkan animasi grafis dan UI Controls.


Lalu, saya mencoba mengimplementasikan JavaFX ke dalam sebuah program sederhana, yaitu Random Waifu yang memodifikasi sedikit dari program Fortune Teller. Jadi, ketika user meng-klik button, maka akan muncul sebuah string yang bersifat random. Adapun class yang digunakan:

  1. RandomWaifu, sebagai class berisi fungsi implementasi JavaFX berupa tampilan aplikasi, string random yang akan muncul sebagai output, dan buttonClick untuk ActionEvent.

Source Code

1. RandomWaifu.java

Output

  1. Tampilan awal ketika aplikasi dijalankan.

  2. Setelah diklik sekali, maka akan mengeluarkan output random seperti ini.

  3. Jika diklik lagi, maka akan muncul output yang lain, bisa berbeda ataupun sama lagi seperti output awal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - GoToko

Pada Evaluasi Tengah Semester (ETS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi GoToko . Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang GoToko, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak. Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan dari penggunaan software yang harus dibangun oleh developer ke dalam produk agar pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka, sehingga memenuhi persyaratan bisnis. Kebutuhan fungsional menyatakan apa yang harus dilakukan oleh sistem. Kebutuhan fungsional juga sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem yang perangkat lunak tersebut gunakan. Kebutuhan Non-Fungsional Kebutuhan non fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem berkerja ke depannya.  Kebutuhan non-fungsional menjelaskan tentang constraint atau standar yang harus dipatuhi oleh sistem. Kebutuhan non-fungsional juga mendefinisikan karakteristik dari kuali...

TUGAS 8 PEMROGRAMAN WEB (D) - jQuery Sederhana

Tugas kali ini membuat website yang mengimplementasikan jQuery . jQuery adalah sebuah library JavaScript yang diperlukan sebagai solusi karena terdapat beberapa perbedaan implementasi JavaScript dari satu web browser dengan web browser lain. Di sini terdapat 2 aplikasi, yaitu tambah data ke dalam sebuah kolom select , dan satu lagi validasi form. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap & Custom) , dan JavaScript (internal) . Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Main page , berisi halaman untuk redirect aplikasi implementasi jQuery mana yang akan dicoba/dipilih. Tambah page , berisi halaman aplikasi tambah data untuk suatu kolom select . Validasi page , berisi halaman aplikasi validasi form. Tampilan Website Main page Tambah page (sebelum ditambah) Tambah page (setelah ditambah) Setelah buku dientri, maka datanya akan masuk ke list kolom select "Daftar Buku". Jika e...

TUGAS 7 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) BAGIAN II - Image Viewer

  Pada kesempatan kali ini, saya menduplikasi aplikasi Image Viewer yang merupakan implementasi GUI dengan komponen AWT dan Swing milik Bapak Fajar Baskoro dan disadur dari link berikut . Aplikasi ini berguna untuk menampilkan gambar/foto dan memiliki beberapa filter di dalamnya. Terdapat 4 class yang digunakan pada aplikasi ini: ImageViewer , class utama untuk memanggil semua komponen fungsi lain dan tampilan GUI. ImagePanel , class yang berisi komponen Swing yang dapat menampilkan OFI Image. Class ini juga mengatur lebar dan tinggi panel aplikasi agar menyesuaikan gambar/foto. ImageFileManager , class untuk memuat dan menyimpan gambar/foto. OFImage , sebagai class yang berguna untuk mendefinisikan gambar/foto menjadi OF ( Object Firsts ). Kemudian beberapa fungsi untuk edit filter seperti darker, lighter, dan threshold ada di class ini. Lalu, aplikasi ini juga menggunakan beberapa library/package: Java.awt.* , untuk proses inputan dalam sebuah program yang telah dijalankan. Java....