Langsung ke konten utama

TUGAS 4 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin Tiket JKT48 Theater

 

Pada kesempatan kali ini, mengimplementasikan salah satu library yang ada di Java yaitu java.util.Scanner, saya membuat aplikasi Mesin Tiket dengan menggunakan JKT48 Theater sebagai sampel. Dalam prakteknya, saya memakai dua class yaitu :

  1. Main, sebagai tampilan utama aplikasi.
  2. MesinTiket, sebagai proses berjalannya aplikasi, seperti pembelian, cetak tiket, dan lain-lain.


Diagram Class

Diagram class aplikasi ini menggunakan BlueJ yang telah otomatis terbuat ketika kita memanggil sebuah class di class lain.


Source Code

1. Main.java

2. MesinTiket.java

Implementasi Program

Berikut merupakan output dari aplikasi yang dijalankan.
  1. Pertama, pada aplikasi BlueJ terlebih dahulu, klik kanan class Main.java dan jalankan method main. Perlu diingat, pada pengimplementasian program ini, harga tiket telah didefinisikan sebelumnya pada source code sebesar Rp120.000. Lalu, akan muncul jendela aplikasi seperti ini


  2. Muncul pilihan untuk memulai transaksi atau tidak. Jika ingin memulai transaksi, masukkan input "Y" atau "y", jika tidak, dapat menginput "N" atau "n" dan aplikasi akan berhenti berjalan.



  3. Ada beberapa menu yang tersedia yaitu:

    • Lihat harga tiket

                    
      • Di menu ini kita dapat melihat berapa harga tiket theater per orangnya.

    • Jumlah saldo

                    
      • Di menu ini kita dapat melihat berapa saldo kita. Karena masih belum ada top up, maka saldo akan bernilai Rp0.

    • Top up

                    
      • Di menu ini kita dapat top up atau memasukkan uang kita ke dalam saldo. Sebagai contoh, saya memasukkan uang sebesar Rp300.000.

    • Beli tiket

                    
      • Di menu ini kita dapat membeli tiket, tinggal memasukkan berapa buah tiket yang mau kita beli. Setelah itu akan muncul bahwa transaksi berhasil dan perintah untuk mencetak tiket beserta struknya pada menu 5.

    • Cetak tiket dan struk

                    

                    
      • Di menu ini kita dapat mencetak tiket dan struknya. Kemudian, akan muncul tampilan tiket per orang dan struk seperti di atas.
   
                          
      • Setelah melakukan proses di atas, saldo akan berkurang sesuai jumlah harga tiket yang dibeli.

    • Ambil uang kembalian

                    
      • Di menu ini kita dapat mengambil uang kembalian setelah melakukan pembelian tiket.

                          
      • Setelah melakukan proses ini, otomatis saldo akan menjadi Rp0 karena semua uang telah ditarik.

    • Keluar

                    
      • Sebagai catatan, aplikasi ini akan terus berjalan sampai menu keluar dijalankan. Menu keluar memaksa aplikasi untuk berhenti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN WEB (D) - Web Apps

SOAL Jelaskan istilah-istilah berikut kemudian berikan contohnya! HTML element HTML tag CSS selector AJAX Auto2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil, Auto2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual. Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroom -nya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan c ustomer care perusahaan. Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan. Buatlah desain front end penanganan pelayanan pelanggan dan implementasikan desainnya! Kem

TUGAS 6 PEMROGRAMAN WEB (D) - Form Login & Contact Us dengan Bootstrap

  Tugas kali ini membuat website form login dan contact us menggunakan salah satu framework CSS paling populer, yaitu Bootstrap . Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap) , dan JavaScript (internal). JavaScript di sini dipakai untuk menampilkan alert bahwa data telah di- submit atau dikirim. Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Login page , berisi halaman login sebagai tampilan awal ketika website pertama kali dijalankan.  Ada beberapa kolom yang semuanya wajib diisi dan tidak boleh kosong , yaitu: Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Password Contact us page , berisi halaman contact us guna mengirim pesan ke pemilik web. Ada beberapa kolom yang semuanya  wajib diisi  dan tidak boleh  kosong , yaitu: Name Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Phone Message Di tiap page , bagian bawah form,   terdapat tautan ( hyperlink ) yang mengarahkan page satu