Langsung ke konten utama

TUGAS 4 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin Tiket JKT48 Theater

 

Pada kesempatan kali ini, mengimplementasikan salah satu library yang ada di Java yaitu java.util.Scanner, saya membuat aplikasi Mesin Tiket dengan menggunakan JKT48 Theater sebagai sampel. Dalam prakteknya, saya memakai dua class yaitu :

  1. Main, sebagai tampilan utama aplikasi.
  2. MesinTiket, sebagai proses berjalannya aplikasi, seperti pembelian, cetak tiket, dan lain-lain.


Diagram Class

Diagram class aplikasi ini menggunakan BlueJ yang telah otomatis terbuat ketika kita memanggil sebuah class di class lain.


Source Code

1. Main.java

2. MesinTiket.java

Implementasi Program

Berikut merupakan output dari aplikasi yang dijalankan.
  1. Pertama, pada aplikasi BlueJ terlebih dahulu, klik kanan class Main.java dan jalankan method main. Perlu diingat, pada pengimplementasian program ini, harga tiket telah didefinisikan sebelumnya pada source code sebesar Rp120.000. Lalu, akan muncul jendela aplikasi seperti ini


  2. Muncul pilihan untuk memulai transaksi atau tidak. Jika ingin memulai transaksi, masukkan input "Y" atau "y", jika tidak, dapat menginput "N" atau "n" dan aplikasi akan berhenti berjalan.



  3. Ada beberapa menu yang tersedia yaitu:

    • Lihat harga tiket

                    
      • Di menu ini kita dapat melihat berapa harga tiket theater per orangnya.

    • Jumlah saldo

                    
      • Di menu ini kita dapat melihat berapa saldo kita. Karena masih belum ada top up, maka saldo akan bernilai Rp0.

    • Top up

                    
      • Di menu ini kita dapat top up atau memasukkan uang kita ke dalam saldo. Sebagai contoh, saya memasukkan uang sebesar Rp300.000.

    • Beli tiket

                    
      • Di menu ini kita dapat membeli tiket, tinggal memasukkan berapa buah tiket yang mau kita beli. Setelah itu akan muncul bahwa transaksi berhasil dan perintah untuk mencetak tiket beserta struknya pada menu 5.

    • Cetak tiket dan struk

                    

                    
      • Di menu ini kita dapat mencetak tiket dan struknya. Kemudian, akan muncul tampilan tiket per orang dan struk seperti di atas.
   
                          
      • Setelah melakukan proses di atas, saldo akan berkurang sesuai jumlah harga tiket yang dibeli.

    • Ambil uang kembalian

                    
      • Di menu ini kita dapat mengambil uang kembalian setelah melakukan pembelian tiket.

                          
      • Setelah melakukan proses ini, otomatis saldo akan menjadi Rp0 karena semua uang telah ditarik.

    • Keluar

                    
      • Sebagai catatan, aplikasi ini akan terus berjalan sampai menu keluar dijalankan. Menu keluar memaksa aplikasi untuk berhenti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...