Langsung ke konten utama

TUGAS 3 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Aplikasi Pelelangan (Auction System) Sederhana


Aplikasi Pelelangan (Auction System) adalah program yang didesain untuk melakukan proses pelelangan sebuah barang menggunakan sistem tawar menawar yang nantinya penawar dengan harga tawar tertinggi yang akan mendapat barang tersebut. Mekanisme sistemnya sendiri, pertama kita memasukkan dulu barang (lot) apa yang akan dilelang. Setelah itu barang akan diberi label penomoran yang akan memudahkan kita dalam menawar. Barulah penawar akan mulai memberi harga tawar sampai tidak ada yang menawar lagi. Lalu, penawar dengan harga tertinggilah yang berhak memperoleh barang lelang itu.

Dalam prakteknya, program ini membutuhkan beberapa class:
    1. Auction, sebagai class utama dari program lelang.
    2. Lot, sebagai class untuk mendaftarkan dan menyimpan detail barang yang akan dilelang.
    3. Bid, sebagai class untuk menampung harga tawar oleh penawar barang.
    4. Person, sebagai class untuk menyimpan data penawar yang ikut serta dalam pelelangan.

Diagram Class

Diagram class aplikasi ini menggunakan BlueJ yang telah otomatis terbuat ketika kita memanggil sebuah class di class lain.

Source Code

1. Auction.java

2. Bid.java

3. Lot.java

4. Person.java

Implementasi Program

Berikut langkah-langkah penggunaan program pelelangan:
  1. Pertama, compile terlebih dahulu class Auction.java. Kemudian, klik kanan dan pilih new        Auction(). Untuk penamaannya, sebagai contoh saya menggunakan auction1. Akan muncul diagram objek berwarna merah seperti pada gambar.

  2. Lalu, klik kanan diagram objek auction1 dan pilih method enterLot() untuk memasukkan barang yang akan dilelang. Jangan lupa untuk menggunakan tanda petik dua karena input barang berupa String.

  3. Untuk memunculkan list barang apa saja yang akan dilelang dan apakah barang tersebut sudah ditawar atau belum, dapat menggunakan method showLots() pada auction1.

  4. Karena belum ada penawar yang ikut serta pelelangan, maka kita perlu menambahkan data para penawar tersebut. Menggunakan class Person.java, klik kanan dan pilih new Person(String name). Setelah itu masukkan nama penawar, sebagai penanda, saya menggunakan person1. Akan muncul kembali diagram objek berwarna merah.

  5. Lalu, lakukan penawaran barang dengan method makeABid() pada auction1. Perlu diingat bahwa input yang dimasukkan (sesuai urutan) adalah nomor barang lelang, penanda nama penawar barang lelang, dan harga yang ditawar oleh penawar.

  6. Akan muncul informasi bahwa penawaran berhasil.

  7. Bisa dicek kembali menggunakan method showLots() dan terlihat bahwa barang nomor 1 telah ditawar beserta harga tawarnya.

  8. Terakhir, untuk menutup pelelangan bisa menggunakan method close() pada auction1. Maka akan muncul hasil akhir dari pelelangan barang tersebut, apakah terjual atau tidak, beserta data penawar barang dengan harga tertinggi.

Sumber: Object First with Java, 5th Edition (Barnes & Kölling)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS REKAYASA KEBUTUHAN (A) - GoToko

Pada Evaluasi Tengah Semester (ETS) kali ini melakukan analisis kebutuhan aplikasi GoToko . Sebelum kita menganalisis lebih jauh tentang GoToko, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus digali untuk sebuah aplikasi perangkat lunak. Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan dari penggunaan software yang harus dibangun oleh developer ke dalam produk agar pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka, sehingga memenuhi persyaratan bisnis. Kebutuhan fungsional menyatakan apa yang harus dilakukan oleh sistem. Kebutuhan fungsional juga sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem yang perangkat lunak tersebut gunakan. Kebutuhan Non-Fungsional Kebutuhan non fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem berkerja ke depannya.  Kebutuhan non-fungsional menjelaskan tentang constraint atau standar yang harus dipatuhi oleh sistem. Kebutuhan non-fungsional juga mendefinisikan karakteristik dari kuali...

TUGAS 8 PEMROGRAMAN WEB (D) - jQuery Sederhana

Tugas kali ini membuat website yang mengimplementasikan jQuery . jQuery adalah sebuah library JavaScript yang diperlukan sebagai solusi karena terdapat beberapa perbedaan implementasi JavaScript dari satu web browser dengan web browser lain. Di sini terdapat 2 aplikasi, yaitu tambah data ke dalam sebuah kolom select , dan satu lagi validasi form. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap & Custom) , dan JavaScript (internal) . Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Main page , berisi halaman untuk redirect aplikasi implementasi jQuery mana yang akan dicoba/dipilih. Tambah page , berisi halaman aplikasi tambah data untuk suatu kolom select . Validasi page , berisi halaman aplikasi validasi form. Tampilan Website Main page Tambah page (sebelum ditambah) Tambah page (setelah ditambah) Setelah buku dientri, maka datanya akan masuk ke list kolom select "Daftar Buku". Jika e...