Langsung ke konten utama

TUGAS 3 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Aplikasi Pelelangan (Auction System) Sederhana


Aplikasi Pelelangan (Auction System) adalah program yang didesain untuk melakukan proses pelelangan sebuah barang menggunakan sistem tawar menawar yang nantinya penawar dengan harga tawar tertinggi yang akan mendapat barang tersebut. Mekanisme sistemnya sendiri, pertama kita memasukkan dulu barang (lot) apa yang akan dilelang. Setelah itu barang akan diberi label penomoran yang akan memudahkan kita dalam menawar. Barulah penawar akan mulai memberi harga tawar sampai tidak ada yang menawar lagi. Lalu, penawar dengan harga tertinggilah yang berhak memperoleh barang lelang itu.

Dalam prakteknya, program ini membutuhkan beberapa class:
    1. Auction, sebagai class utama dari program lelang.
    2. Lot, sebagai class untuk mendaftarkan dan menyimpan detail barang yang akan dilelang.
    3. Bid, sebagai class untuk menampung harga tawar oleh penawar barang.
    4. Person, sebagai class untuk menyimpan data penawar yang ikut serta dalam pelelangan.

Diagram Class

Diagram class aplikasi ini menggunakan BlueJ yang telah otomatis terbuat ketika kita memanggil sebuah class di class lain.

Source Code

1. Auction.java

2. Bid.java

3. Lot.java

4. Person.java

Implementasi Program

Berikut langkah-langkah penggunaan program pelelangan:
  1. Pertama, compile terlebih dahulu class Auction.java. Kemudian, klik kanan dan pilih new        Auction(). Untuk penamaannya, sebagai contoh saya menggunakan auction1. Akan muncul diagram objek berwarna merah seperti pada gambar.

  2. Lalu, klik kanan diagram objek auction1 dan pilih method enterLot() untuk memasukkan barang yang akan dilelang. Jangan lupa untuk menggunakan tanda petik dua karena input barang berupa String.

  3. Untuk memunculkan list barang apa saja yang akan dilelang dan apakah barang tersebut sudah ditawar atau belum, dapat menggunakan method showLots() pada auction1.

  4. Karena belum ada penawar yang ikut serta pelelangan, maka kita perlu menambahkan data para penawar tersebut. Menggunakan class Person.java, klik kanan dan pilih new Person(String name). Setelah itu masukkan nama penawar, sebagai penanda, saya menggunakan person1. Akan muncul kembali diagram objek berwarna merah.

  5. Lalu, lakukan penawaran barang dengan method makeABid() pada auction1. Perlu diingat bahwa input yang dimasukkan (sesuai urutan) adalah nomor barang lelang, penanda nama penawar barang lelang, dan harga yang ditawar oleh penawar.

  6. Akan muncul informasi bahwa penawaran berhasil.

  7. Bisa dicek kembali menggunakan method showLots() dan terlihat bahwa barang nomor 1 telah ditawar beserta harga tawarnya.

  8. Terakhir, untuk menutup pelelangan bisa menggunakan method close() pada auction1. Maka akan muncul hasil akhir dari pelelangan barang tersebut, apakah terjual atau tidak, beserta data penawar barang dengan harga tertinggi.

Sumber: Object First with Java, 5th Edition (Barnes & Kölling)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN WEB (D) - Web Apps

SOAL Jelaskan istilah-istilah berikut kemudian berikan contohnya! HTML element HTML tag CSS selector AJAX Auto2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil, Auto2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual. Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroom -nya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan c ustomer care perusahaan. Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan. Buatlah desain front end penanganan pelayanan pelanggan dan implementasikan desainnya! Kem

TUGAS 6 PEMROGRAMAN WEB (D) - Form Login & Contact Us dengan Bootstrap

  Tugas kali ini membuat website form login dan contact us menggunakan salah satu framework CSS paling populer, yaitu Bootstrap . Dalam proses pengerjaannya, menggunakan HTML , CSS (Bootstrap) , dan JavaScript (internal). JavaScript di sini dipakai untuk menampilkan alert bahwa data telah di- submit atau dikirim. Laman website-nya dapat diakses pada link berikut . Untuk hosting web sendiri memakai Netlify . Konten dari website: Login page , berisi halaman login sebagai tampilan awal ketika website pertama kali dijalankan.  Ada beberapa kolom yang semuanya wajib diisi dan tidak boleh kosong , yaitu: Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Password Contact us page , berisi halaman contact us guna mengirim pesan ke pemilik web. Ada beberapa kolom yang semuanya  wajib diisi  dan tidak boleh  kosong , yaitu: Name Email , harus berformat seperti email pada umumnya. Phone Message Di tiap page , bagian bawah form,   terdapat tautan ( hyperlink ) yang mengarahkan page satu