Langsung ke konten utama

TUGAS 3 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Aplikasi Pelelangan (Auction System) Sederhana


Aplikasi Pelelangan (Auction System) adalah program yang didesain untuk melakukan proses pelelangan sebuah barang menggunakan sistem tawar menawar yang nantinya penawar dengan harga tawar tertinggi yang akan mendapat barang tersebut. Mekanisme sistemnya sendiri, pertama kita memasukkan dulu barang (lot) apa yang akan dilelang. Setelah itu barang akan diberi label penomoran yang akan memudahkan kita dalam menawar. Barulah penawar akan mulai memberi harga tawar sampai tidak ada yang menawar lagi. Lalu, penawar dengan harga tertinggilah yang berhak memperoleh barang lelang itu.

Dalam prakteknya, program ini membutuhkan beberapa class:
    1. Auction, sebagai class utama dari program lelang.
    2. Lot, sebagai class untuk mendaftarkan dan menyimpan detail barang yang akan dilelang.
    3. Bid, sebagai class untuk menampung harga tawar oleh penawar barang.
    4. Person, sebagai class untuk menyimpan data penawar yang ikut serta dalam pelelangan.

Diagram Class

Diagram class aplikasi ini menggunakan BlueJ yang telah otomatis terbuat ketika kita memanggil sebuah class di class lain.

Source Code

1. Auction.java

2. Bid.java

3. Lot.java

4. Person.java

Implementasi Program

Berikut langkah-langkah penggunaan program pelelangan:
  1. Pertama, compile terlebih dahulu class Auction.java. Kemudian, klik kanan dan pilih new        Auction(). Untuk penamaannya, sebagai contoh saya menggunakan auction1. Akan muncul diagram objek berwarna merah seperti pada gambar.

  2. Lalu, klik kanan diagram objek auction1 dan pilih method enterLot() untuk memasukkan barang yang akan dilelang. Jangan lupa untuk menggunakan tanda petik dua karena input barang berupa String.

  3. Untuk memunculkan list barang apa saja yang akan dilelang dan apakah barang tersebut sudah ditawar atau belum, dapat menggunakan method showLots() pada auction1.

  4. Karena belum ada penawar yang ikut serta pelelangan, maka kita perlu menambahkan data para penawar tersebut. Menggunakan class Person.java, klik kanan dan pilih new Person(String name). Setelah itu masukkan nama penawar, sebagai penanda, saya menggunakan person1. Akan muncul kembali diagram objek berwarna merah.

  5. Lalu, lakukan penawaran barang dengan method makeABid() pada auction1. Perlu diingat bahwa input yang dimasukkan (sesuai urutan) adalah nomor barang lelang, penanda nama penawar barang lelang, dan harga yang ditawar oleh penawar.

  6. Akan muncul informasi bahwa penawaran berhasil.

  7. Bisa dicek kembali menggunakan method showLots() dan terlihat bahwa barang nomor 1 telah ditawar beserta harga tawarnya.

  8. Terakhir, untuk menutup pelelangan bisa menggunakan method close() pada auction1. Maka akan muncul hasil akhir dari pelelangan barang tersebut, apakah terjual atau tidak, beserta data penawar barang dengan harga tertinggi.

Sumber: Object First with Java, 5th Edition (Barnes & Kölling)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...