Langsung ke konten utama

TUGAS 2 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Aplikasi Lampu Lalu Lintas

Abstraksi

Pada tugas kali ini, saya membuat aplikasi Lampu Lalu Lintas berbasis Java dengan menggunakan timer internal. Sebagai gambaran, tiap lampu (merah, kuning, hijau) hanya akan menyala salah satunya dan dengan interval 15 detik, ketiga lampu akan bergantian menyala secara berurutan (seperti lampu lalu lintas pada nyatanya). Sebagai contoh sekarang sedang menyala lampu warna merah, 15 detik kemudian akan berganti warna kuning, lalu 15 detik selanjutnya akan berganti warna hijau. Nah, pergantian warna lampu tadi diatur oleh timer internal tadi yang nantinya ketika mencapai 0, maka lampu akan berubah dan timer akan kembali di-set seperti awal.

Aplikasi ini juga menggunakan GUI (Graphical User Interface) yaitu java.swing sebagai output dalam bentuk grafis sehingga output tidak hanya berupa teks.



Diagram Class

Diagram class aplikasi ini menggunakan BlueJ yang telah otomatis terbuat ketika kita memanggil sebuah class di class lain.


Diagram Object

Diagram ini merupakan detail dari aplikasi yang telah dibuat serta penggunaan class apa saja yang ada di dalam aplikasi.


Implementasi (Source Code)

1. Window.java

Class ini merupakan jendela utama yang akan muncul pada aplikasi. Di sini memuat frame dan panel yang telah dibuat dengan memanggil fungsi Tampilan.


2. Tampilan.java

Class ini untuk menampilkan lampu lalu lintas yang telah menjadikan satu pemanggilan fungsi waktu, panel, dan warna lampu.


3. LampuLalin.java

Source code ini berisi panel yang masih sederhana dan akan dipercantik di fungsi Tampilan. Class ini juga berfungsi untuk mengecek apabila waktu sudah habis, maka akan berganti warna.


4. Waktu.java

Dalam class ini, waktu dalam bentuk timestamp sehingga saat habis maka akan mereset ke awal.


Output



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 PEMROGRAMAN WEB (D) - Warung Tegal

Tugas kali ini membuat website Warung Makan Tegal. Dalam proses pengerjaannya, menggunakan  HTML ,   CSS ,   dan JavaScript serta  VSCode  sebagai  text editor . Di website ini, saya mengaplikasikan penggunaan embed video dari Youtube dan image carousel atau slideshow . Laman website-nya dapat diakses pada  link berikut . Untuk  hosting  web sendiri memakai  Netlify . Konten dari website: Main page , berisi daftar makanan, masakan populer, kontak dari warung tegal, serta menu apa saja yang tersedia di dalam website. Tampilan Website Main page Source Code index.html style.css

ETS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (B) - Mesin ATM

1. Tuliskan skenario fungsionalitas aplikasi berdasarkan tayangan tersebut! Pada video yang ada, ditampilkan proses setor tunai pada mesin ATM. Jadi, awalnya nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Lalu, memasukkan nomor pin sebanyak 6 digit sesuai yang telah didaftarkan. Jika pin salah, maka mesin akan meminta mengulangi agar memasukkan pin yang benar. Nah, di mesin ATM ini sendiri ada beberapa fitur yaitu setor tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya (seperti transfer, pembayaran listrik, dll.). Dalam video, nasabah ingin melakukan proses setor tunai. Perlu diketahui di beberapa mesin, setor tunai ada yang menerima pecahan uang Rp100.000,00 saja, ada juga yang juga menerima Rp50.000,00, di video sepertinya hanya menerima Rp100.000,00. Lalu, juga ada batas maksimal berapa nominal atau jumlah uang yang dimasukkan, di video batasnya adalah 50 lembar. Jika lebih, maka kelebihannya akan dikembalikan oleh mesin. Setelah memasukkan uang ke dalam mesin, mesin akan memproses dan ke...

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN (A) - Elisitasi Kebutuhan SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS

Tugas kali ini melakukan elisitasi kebutuhan dari salah satu  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak  (SPKL) dari aplikasi  SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS (SIETS)   yang dibuat oleh Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya . Sistem Informasi ini merupakan sistem yang diwacanakan untuk memenuhi kebutuhan ITS akan penerimaan masukan dari berbagai kegiatan ITS yang bersifat daring akibat pandemi COVID-19 agar nantinya semasa transisi dari luring ke daring sistem dapat berjalan dengan lancar. Untuk SKPL-nya sendiri dapat dilihat di bawah ini: Elisitasi Elisitasi adalah teknik untuk memperoleh informasi melalui percakapan dengan sesorang dimana orang tersebut tidak sadar sedang digali informasi yang dimiliki. Proses elisitasi digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan pengguna tentang perkembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa hal yang dapat dianalisis sebagai tahap penjajakan dalam memban...